Suhu Panas: Bahaya Sinar UV Matahari, Ini Cara Melindungi Diri
Rabu, 26/04/2023 - 14:01:29 WIB
Redaktur: admin tel
Ilustrasi Suhu Panas

TERKAIT:
   
 

BERITATIME.COM - Paparan UVA dan UVB dari sinar matahari berbahaya untuk kulit. Dapat merusak DNA sel kulit yang menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini.

"Paparan UVA dan UVB yang tidak terlindungi dapat merusak DNA dalam sel kulit, menghasilkan cacat genetik, kemudian menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini," kataDokter spesialis kulit dr Arini Widodo, SpKK, dilansir Antara, Selasa(25/4).

Anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) itni menjelaskan, foton UV berada di antara panjang gelombang cahaya tampak dan radiasi gamma. Energi UV dapat dibagi tiga berdasarkan sifat fisik elektro yaitu UVA, UVB, dan UVC.

Foton UVC memiliki panjang gelombang terpendek yakni 100-280 nanometer namun memiliki energi tertinggi, sedangkan UVA memiliki panjang gelombang terpanjang yakni 315-400 nanometer namun fotonnya paling tidak energik. Sementara itu, UVB berada di antara keduanya.

Arini menuturkan, setiap jenis UV tersebut dapat menimbulkan berbagai efek pada sel, jaringan, dan molekul.

"UVA dapat menyebabkan penuaan kulit, kerusakan DNA, dan pigmentasi kulit. UVB menjadi penyebab utama kanker kulit, sunburn (kulit terbakar), dan kulit merah," ujar lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu.

"Sedangkan UVC adalah yang paling berbahaya. Namun, gelombang ini tidak sampai ke bumi sebab diabsorbsi oleh ozon," lanjut dia.

Cara Melindungi Diri

Guna menghindari bahaya sinar UV pada kulit, Arini pun menyarankan untuk melakukan upaya-upaya perlindungan. Apalagi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa saat ini indeks UV di Indonesia sedang tinggi, mencapai level risiko bahaya tinggi hingga ekstrem.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan, menurut Arini, di antaranya meminimalkan waktu di luar ruangan selama indeks UV berada pada puncaknya yakni sekitar pukul 10 pagi hingga 4 sore, hindari sengatan matahari, dan gunakan topi bertepi lebar yang dapat melindungi wajah, kepala, telinga, dan leher.

Kemudian, gunakan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) 30 atau lebih tinggi, tahan air, dan memberikan perlindungan dari UVA dan UVB. Oleskan tabir surya ke seluruh area kulit yang terpapar sinar matahari dan oleskan ulang setiap dua jam sekali atau sesegera mungkin setelah berenang atau berkeringat.

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan WA ke 0858-3144-9896
via EMAIL: redaksiberita2020@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
 



 
Berita Lainnya :
  • Bulan Penimbangan Serentak se-Kabupaten Bengkalis di Kelurahan Pematang Pudu Dihadiri Camat Mandau dan Ketua TP-PKK Mandau
  • Camat Mandau yang Diwakili oleh Kesosbud Devri Putra Braja Hadiri Peletakan Batu Pertama Mushalla Tis'Atul Barokah di SMAN 9 Mandau
  • Ciptakan CCS jelang PILKADA Serentak tahun 2024, Polres Pelalawan giatkan Sholat Subuh keliling Harmoni di masjid Tunggal An-Naafi Desa Kemang
  • Sempena Hari Jadi ke-240, Pemko Pekanbaru Pusatkan Goro di Masjid Al-Kautsar
  • Terkait WC Disulap Jadi Ruang Belajar, Pj Bupati Kampar Minta ini Diselesaikan Sesegera Mungkin.
  • Bupati Pelalawan H. Zukri. SE, Hidupkan Kembali Magrib Menggaji Di Mesjid Al-Hikmah Km.5 Kerinci Barat
  • Pemdes Muara Basung dan UPT Puskesmas Berkolaborasi Dengan Perusahaan PT. Adei P&I Untuk Melaksanakan Kegiatan Intervensi Stunting di Posyandu KM.3 Desa Muara Basung.
  • Personil Unit Binmas Polsek Pontianak Barat Berikan Bantuan Sarana Kontak kepada Security dan Juru Parkir
  • Bupati Kasmarni Dianugerahi Pin Emas dari JMSI Riau
  • Beri Dukungan Penuh, Camat Mandau Raih Penghargaan Dari JMSI
  •  
    Komentar Anda :

     
      Pilihan Redaksi  
    Bulan Penimbangan Serentak se-Kabupaten Bengkalis di Kelurahan Pematang Pudu Dihadiri Camat Mandau dan Ketua TP-PKK Mandau

    Camat Mandau yang Diwakili oleh Kesosbud Devri Putra Braja Hadiri Peletakan Batu Pertama Mushalla Tis'Atul Barokah di SMAN 9 Mandau

    Ciptakan CCS jelang PILKADA Serentak tahun 2024, Polres Pelalawan giatkan Sholat Subuh keliling Harmoni di masjid Tunggal An-Naafi Desa Kemang

     
      Terpopuler  
    1 Arist Merdeka Sirait: HL Pendeta Cabul di Surabaya terancam 20 tahun penjara dan Kebiri!
    2 Pembunuhan Mandor PT MUP Di Tangkap Polisi
    3 Bupati Kuansing Minta Perketat Penjagaan Karena Kuansing Zona Hijau Bebas Covid-19
    4 KPK Hadirkan Ketua DPRD Riau di Persidangan Amril Mukminin
    5 Drs.Sozifao Hia M.Si Sesalkan BLT Pemda dan Pemprov Belum Disalurkan Kepada Masyarakat
    6 Listrik Mati Tujuh Jam,Warga Siak Minta DPRD Berikan Teguran
    7 Ormas, Parpol Tak Gunakan Azas Pancasila, Dibubarkan Layaknya PKI
    8 Polda Banten Kawal Penerapan New Normal di Kabupaten Tangerang
    9 Sekda Daerah Kabupaten Nias Utara Di Tangkap Polisi Kasus Narkoba
    10 Pengesahan KEMENKUMHAM RI Terhadap Pengurus DPP Partai Berkarya Periode 2020-2025
     
     
       



    Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2020 beritatime.com, all rights reserved