Sekda Buka FGD Implementasi Indonesia's Folu Net Sink 2030 Sub Nasional Provinsi Riau
Jumat, 26/05/2023 - 13:04:56 WIB
Redaktur: admin tel
Dok

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, Beritatime.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto membuka acara Focus Group Discussion (FGD) Implementasi Indonesia's Folu Net Sink 2030 Sub Nasional Provinsi Riau, Kamis (25/5/23) di Hotel Pangeran Pekanbaru.

FGD Implementasi Indonesia's Folu Net Sink 2030 Sub Nasional Provinsi Riau ini diselenggarakan dalam rangka Pelaksanaan Rapid Regulatory and Institutional Assessment Kebijakan FOLU Net Sink 2030 untuk Mendukung Nationally Determined Contribution (NDC). NDC merupakan komitmen setiap negara pihak terhadap Persetujuan Paris.

Dalam sambutannya, Sekdaprov Riau mengatakan bahwa Provinsi Riau memiliki kekayaan sumber daya alam yang harus dikelola secara bijaksana. Sehingga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan kehidupan.

"Kita menyadari, bahwa pengelolaan SDA yang tidak bijaksana justru akan menimbulkan berbagai bencana, seperti kekeringan, banjir dan fenomena perubahan iklim yang mengakibatkan krisis air, pangan dan energi, sehingga mengancam kehidupan kita semua," kata Sekdaprov Riau, SF Hariyanto.

Ia menjelaskan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI) dan Indonesian Centre for Environmental Law (ICEL), sedang melakukan kajian untuk menilai sejauh mana kebijakan di daerah dalam pelaksanaan Indonesia FOLU Net Sink 2030 guna mendukung capaian target penurunan emisi karbon secara nasional (NDC).

Karena itu, pihaknya sangat menyambut baik diselenggarakannya FGD ini, yang dimaksudkan untuk penguatan peran Pemerintah Provinsi Riau, dalam mengkoordinasikan aksi mitigasi sebagaimana dituangkan dalam Rencana Kerja Indonesias FOLU Net Sink 2030 Sub Nasional Provinsi Riau sampai ke tingkat tapak.

"Kami yakin melalui Forum ini akan diperoleh pemahaman yang baik bagi Para Pihak di daerah. Sehingga kontribusi Provinsi Riau terhadap komitmen nasional tersebut dapat diwujudkan dengan sebaik-baiknya," kata Sekdaprov Riau.

Ia juga sempat menyinggung soal Pembangunan Rendah Karbon. Menurutnya, Pembangunan Rendah Karbon sebagai platform baru pembangunan yang bertujuan mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan sosial melalui kegiatan rendah karbon dan meminimkan eksploitasi sumber daya alam.

"Sebagai salah satu Provinsi Pilot melalui MoU Gubernur Riau dan Kepala Bappenas, Riau telah menyusun dokumen Rencana Pembangunan Rendah Karbon (RPKD) Provinsi Riau yang ditetapkan dengan Peraturan Gubernur Riau Nomor 56 Tahun 2022, sebagai penyempurnaan dari Peraturan Gubernur Riau Nomor 77 Tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi GRK Provinsi Riau," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Mamun Murod menambahkan bahwa Rencana Pembangunan Rendah Karbon merupakan bagian dari Riau Hijau sebagai kebijakan dan komitmen daerah untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan, yang diarahkan pada peningkatan IKLH dan penurunan emisi GRK.

Kebijakan ini sejalan dengan kebijakan Indonesias Folu Net Sink 2030 dan telah diinternalisasikan dalam Perencanaan Pembangunan Provinsi Riau, agar manfaatnya dapat diwujudkan secara nyata di tingkat tapak.

"Dalam pelaksanaannya tentu sangat diharapkan dukungan dan fasilitasi dari KLHK dan Para Pihak, agar program yang telah dilaksanakan selama ini dapat diperkuat sehingga mendukung komitmen NDC di tingkat nasional," kata Mamun Murod. ***

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan WA ke 0858-3144-9896
via EMAIL: redaksiberita2020@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
 



 
Berita Lainnya :
  • Bulan Penimbangan Serentak se-Kabupaten Bengkalis di Kelurahan Pematang Pudu Dihadiri Camat Mandau dan Ketua TP-PKK Mandau
  • Camat Mandau yang Diwakili oleh Kesosbud Devri Putra Braja Hadiri Peletakan Batu Pertama Mushalla Tis'Atul Barokah di SMAN 9 Mandau
  • Ciptakan CCS jelang PILKADA Serentak tahun 2024, Polres Pelalawan giatkan Sholat Subuh keliling Harmoni di masjid Tunggal An-Naafi Desa Kemang
  • Sempena Hari Jadi ke-240, Pemko Pekanbaru Pusatkan Goro di Masjid Al-Kautsar
  • Terkait WC Disulap Jadi Ruang Belajar, Pj Bupati Kampar Minta ini Diselesaikan Sesegera Mungkin.
  • Bupati Pelalawan H. Zukri. SE, Hidupkan Kembali Magrib Menggaji Di Mesjid Al-Hikmah Km.5 Kerinci Barat
  • Pemdes Muara Basung dan UPT Puskesmas Berkolaborasi Dengan Perusahaan PT. Adei P&I Untuk Melaksanakan Kegiatan Intervensi Stunting di Posyandu KM.3 Desa Muara Basung.
  • Personil Unit Binmas Polsek Pontianak Barat Berikan Bantuan Sarana Kontak kepada Security dan Juru Parkir
  • Bupati Kasmarni Dianugerahi Pin Emas dari JMSI Riau
  • Beri Dukungan Penuh, Camat Mandau Raih Penghargaan Dari JMSI
  •  
    Komentar Anda :

     
      Pilihan Redaksi  
    Bulan Penimbangan Serentak se-Kabupaten Bengkalis di Kelurahan Pematang Pudu Dihadiri Camat Mandau dan Ketua TP-PKK Mandau

    Camat Mandau yang Diwakili oleh Kesosbud Devri Putra Braja Hadiri Peletakan Batu Pertama Mushalla Tis'Atul Barokah di SMAN 9 Mandau

    Ciptakan CCS jelang PILKADA Serentak tahun 2024, Polres Pelalawan giatkan Sholat Subuh keliling Harmoni di masjid Tunggal An-Naafi Desa Kemang

     
      Terpopuler  
    1 Arist Merdeka Sirait: HL Pendeta Cabul di Surabaya terancam 20 tahun penjara dan Kebiri!
    2 Pembunuhan Mandor PT MUP Di Tangkap Polisi
    3 Bupati Kuansing Minta Perketat Penjagaan Karena Kuansing Zona Hijau Bebas Covid-19
    4 KPK Hadirkan Ketua DPRD Riau di Persidangan Amril Mukminin
    5 Drs.Sozifao Hia M.Si Sesalkan BLT Pemda dan Pemprov Belum Disalurkan Kepada Masyarakat
    6 Listrik Mati Tujuh Jam,Warga Siak Minta DPRD Berikan Teguran
    7 Ormas, Parpol Tak Gunakan Azas Pancasila, Dibubarkan Layaknya PKI
    8 Polda Banten Kawal Penerapan New Normal di Kabupaten Tangerang
    9 Sekda Daerah Kabupaten Nias Utara Di Tangkap Polisi Kasus Narkoba
    10 Pengesahan KEMENKUMHAM RI Terhadap Pengurus DPP Partai Berkarya Periode 2020-2025
     
     
       



    Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2020 beritatime.com, all rights reserved