Rakor Bersama Kepala BNPB RI, Gubri Jelaskan 9 Langkah Pengendalian Karhutla di Riau
Kamis, 08/06/2023 - 09:53:03 WIB
Redaktur: admin tel
Dok

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, Beritatime.com  - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan Rapat koordinasi (Rakor) bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia, Letjen TNI Suharyanto. Pertemuan ini juga diikuti oleh satuan tugas pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) se-Provinsi Riau.

Rakor yang digelar di Gedung Daerah, Kota Pekanbaru, pada Rabu (7/6/2023) untuk memaparkan hasil kerja yang telah dilakukan tim satuan tugas (Satgas) Karhutla serta diskusi untuk mencegah adanya terjadi Karhutla

Gubri Syamsuar mengatakan, Pemprov Riau bersama forkopimda serta pihak-pihak yang terkait telah melaksanakan pemadaman. Selain itu, pihaknya memiliki langkah-langkah penanganan untuk pengendalian Karhutla.

Adapun langkah-langkah dari Pemerintah Provinsi Riau yang telah dilaksanakan dalam rangka pencegahan dan penanganan Karhutla yang pertama adalah membentuk dan mengaktivasi posko satgas Karhutla.

"Posko Satgas Karhutla dibentuk mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, sampai tingkat desa dan kelurahan. Khususnya di daerah yang rawan bencana kebakaran hutan,” kata Gubri Syamsuar.

Dijelaskan dia, upaya yang kedua adalah penggunaan dashboard Lancang Kuning Polda Riau. Di mana aplikasi ini sangat membantu dalam rangka untuk melakukan mendeteksi terhadap titik hotspot yang ada.

Langkah ketiga yaitu, mendeteksi dini dan menugaskan anggota Satgas Karhutla untuk melakukan pengecekan lapangan di titik hotspot. "Kemudian, melakukan penanganan secara cepat dan tepat serta berupaya memadamkan api sedini mungkin agar tidak membesar dan meluas," ucapnya.

Langkah keempat melakukan patroli rutin dan mandiri secara terpadu serta sosialisasi kepada organisasi dan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Lalu langkah kelima adalah, menyiagakan seluruh sumberdaya manusia maupun sarana dan prasarana kebakaran hutan lahan.

"Seperti alat berat excavator ada 12 unit, kemudian mesin pompa pemadam, selang, kendaraan operasional, sekat kanal, embung, menara pemantau api, dan lainnya serta memastikan sarana prasarana tersebut berfungsi dengan baik," ucapnya.

"Kami akan menyiapkan anggaran rutin dan juga anggaran belanja tidak terduga (BTT) untuk pencegahan maupun penulangan kebakaran hutan lahan," lanjutnya.

Langkah keenam, meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan seluruh stakeholder, TNI dan Polri, dunia usaha, tokoh masyarakat tokoh adat tokoh agama, akademisi, media massa dan juga masyarakat relawan.

Selanjutnya, langkah ketujuh yakni melaksanakan apel kesiapsiagaan kebakaran dalam rangka untuk mengantisipasi dan penanggulangan Karhutla.

"Apel kesiapsiagaan juga dilaksanakan di semua daerah kabupaten dan kota di Provinsi Riau," jelasnya.

Selanjutnya, langkah kedelapan adalah upaya pembasahan lahan gambut, terutama di wilayah rawan kebakaran.

"Langkah kesembilan yaitu adanya teknologi modifikasi cuaca (TMC). Alhamdulillah kami alhamdulillah dibantu dengan adanya teknologi modifikasi cuaca,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pada pertemuan ini Kepala BNPB, Suharyanto menyerahkan bantuan perlengkapan penanganan karhutla untuk Provinsi Riau berupa pompa induk 11 unit, pompa selang 22 unit, pompa jinjing 44 unit, selang berjumlah 231 unit. Kemudian, Nozel 88 unit, Y konektor dengan total 88 unit, perlengkapan alat perlindungan diri terdapat 220 paket, dan yang terkahir Flexibel tank 5.000 Liter ada 11 unit, seperti yang dilansir dari mcr.

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan WA ke 0858-3144-9896
via EMAIL: redaksiberita2020@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
 



 
Berita Lainnya :
  • Bulan Penimbangan Serentak se-Kabupaten Bengkalis di Kelurahan Pematang Pudu Dihadiri Camat Mandau dan Ketua TP-PKK Mandau
  • Camat Mandau yang Diwakili oleh Kesosbud Devri Putra Braja Hadiri Peletakan Batu Pertama Mushalla Tis'Atul Barokah di SMAN 9 Mandau
  • Ciptakan CCS jelang PILKADA Serentak tahun 2024, Polres Pelalawan giatkan Sholat Subuh keliling Harmoni di masjid Tunggal An-Naafi Desa Kemang
  • Sempena Hari Jadi ke-240, Pemko Pekanbaru Pusatkan Goro di Masjid Al-Kautsar
  • Terkait WC Disulap Jadi Ruang Belajar, Pj Bupati Kampar Minta ini Diselesaikan Sesegera Mungkin.
  • Bupati Pelalawan H. Zukri. SE, Hidupkan Kembali Magrib Menggaji Di Mesjid Al-Hikmah Km.5 Kerinci Barat
  • Pemdes Muara Basung dan UPT Puskesmas Berkolaborasi Dengan Perusahaan PT. Adei P&I Untuk Melaksanakan Kegiatan Intervensi Stunting di Posyandu KM.3 Desa Muara Basung.
  • Personil Unit Binmas Polsek Pontianak Barat Berikan Bantuan Sarana Kontak kepada Security dan Juru Parkir
  • Bupati Kasmarni Dianugerahi Pin Emas dari JMSI Riau
  • Beri Dukungan Penuh, Camat Mandau Raih Penghargaan Dari JMSI
  •  
    Komentar Anda :

     
      Pilihan Redaksi  
    Bulan Penimbangan Serentak se-Kabupaten Bengkalis di Kelurahan Pematang Pudu Dihadiri Camat Mandau dan Ketua TP-PKK Mandau

    Camat Mandau yang Diwakili oleh Kesosbud Devri Putra Braja Hadiri Peletakan Batu Pertama Mushalla Tis'Atul Barokah di SMAN 9 Mandau

    Ciptakan CCS jelang PILKADA Serentak tahun 2024, Polres Pelalawan giatkan Sholat Subuh keliling Harmoni di masjid Tunggal An-Naafi Desa Kemang

     
      Terpopuler  
    1 Arist Merdeka Sirait: HL Pendeta Cabul di Surabaya terancam 20 tahun penjara dan Kebiri!
    2 Pembunuhan Mandor PT MUP Di Tangkap Polisi
    3 Bupati Kuansing Minta Perketat Penjagaan Karena Kuansing Zona Hijau Bebas Covid-19
    4 KPK Hadirkan Ketua DPRD Riau di Persidangan Amril Mukminin
    5 Drs.Sozifao Hia M.Si Sesalkan BLT Pemda dan Pemprov Belum Disalurkan Kepada Masyarakat
    6 Listrik Mati Tujuh Jam,Warga Siak Minta DPRD Berikan Teguran
    7 Ormas, Parpol Tak Gunakan Azas Pancasila, Dibubarkan Layaknya PKI
    8 Polda Banten Kawal Penerapan New Normal di Kabupaten Tangerang
    9 Sekda Daerah Kabupaten Nias Utara Di Tangkap Polisi Kasus Narkoba
    10 Pengesahan KEMENKUMHAM RI Terhadap Pengurus DPP Partai Berkarya Periode 2020-2025
     
     
       



    Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2020 beritatime.com, all rights reserved