ISDC Riau Bersama Satlantas Polres Rohul Edukasi Pengemudi Usia Dini Tingkat SMP dan SMA
Senin, 27/05/2024 - 23:35:37 WIB
Redaktur: MD
Dok

TERKAIT:
   
 

Rokan Hulu - Beritatime.com -Sebagai tindak lanjut dari program Indonesia Safety Driving Center (ISDC), Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Rokan Hulu (Rohul) memberikan edukasi kepada pengemudi usia dini, dari tingkat SMP dan SMA tentang Keselamatan dalam berkendara .

Hal itu disampaikan Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono, melalui Kasat Lantas Polres Rohul AKP Tatit Rizkyan Hanafi, S.T.K., S.I.K , kepada reporter, pada Senin (27/5/2024). 
“ISDC Riau bersama Satlantas Polres Rohul mendatangi beberapa sekolah untuk melaksanakan program ‘Police Goes to School’ untuk memberikan edukasi kepada pengemudi, mulai dari tingkat SMP dan SMA. Dan untuk kali ini, kita menyelenggarakannya di beberapa sekolah, yaitu SMP Muhammadiyah, SMK Zaidar, MTS Zaidar, SMK 4, SMP 3 dan SMKN 1 di Kecamatan Rambah,” jelasnya. 

Untuk diketahui, Indonesia Safety Driving Center (ISDC) pertama didirikan di Medan, Sumatera Utara dengan nama Medan Safety Driving Center (MSDC). ISDC hadir untuk mengurangi angka kecelakaan di Indonesia, tidak cukup dengan satu sekolah mengemudi saja, maka ISDC yang didirikan pada tahun 2011 itu terus berkembang. 
Dalam perkembangan ISDC Riau yang berada di kawasan RSDC, diakui oleh pihak Korlantas Mabes Polri sebagai salah satu pusat percontohan sebagai sekolah keselamatan lalu lintas di Indonesia.  

ISDC sendiri ada di empat provinsi di wilayah Indonesia, yakni di Jakarta, Klaten (Jateng). Sedangkan di Sumutera ada dua, di Deli Serdang, Provinsi Sumut dan di Provinsi Riau. 
Di ISDC Riau sendiri dilengkapi dengan sejumlah fasilitas antara lain ruangan kelas  teori, lapangan praktik latihan berkendara, kendaraan latihan roda dua, roda empat dan truk dan simulator rod 2,4,6.

Selain itu, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, ISDC Riau juga dilengkapi dengan ruang ujian teori dan ruang lobby yang nyaman.
ISDC Riau sendiri terus berinovasi dan berkomitmen untuk melahirkan generasi bangsa yang siap untuk berbudaya tertib dalam berlalu lintas saat beraktivitas keseharian bila berkendara. 


Selain menciptakan tertib berlalu lintas, ISDC juga hadir untuk mengurangi angka kecelakaan di Indonesia, ISDC juga salah satu lembaga Pendidikan dan pelatihan mengemudi yang diselenggarakan oleh lembaga yang mendapat izin dan terakreditasi dari Pemerintah. 
Izin penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan mengemudi yang diberikan oleh Pemerintah dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Indonesia Safety Driving Centre (ISDC) adalah pusat kajian keselamatan dalam berkendara dan menjadi lembaga swasta berdiri atas dasar kesadaran untuk ikut berperan dalam program pemerintah menjadi pelopor keselamatan dalam berkendara untuk menjamin Kompetensi pengemudi dan berperan dalam mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi di jalan raya dengan memberikan edukasi keselamatan berkendara seluas luasnya kepada masyarakat umum. 

ISDC sendiri juga membuka pelatihan reguler setiap hari kerja, untuk motor, mobil dan truk atu roda 6. Pihak Manajemen ISDC Riau, Romson, menyampaikan, berbagai program edukasi unggulan tentang tata tertib berlalu lintas terus diwujudkan, khususnya di Riau. 
“Seperti yang kita jelaskan di atas, sejak hadir ISDC, kita selaku pihak menajemen ISDC terus melakukan berbagai program kegiatan, seperti program ISDC GO TO SCHOOL dengan memberikan pengetahuan kepada anak-anak di sekolah-sekolah yang ada di Kota Pekanbaru. Bagaimana mereka bisa memahami dan mengerti cara berkendara yang benar dan selalu tertib dalam berlalu lintas,” jelas Romson, kepada wartawan, Sabtu (11/5/2024). 

“Program ini rutin dilaksanakan ke sekolah-sekolah,” sambung Manajemen ISDC Riau ini. 

ISDC Riau sendiri sangat berkomitmen untuk menurunkan angka kecelakaan dan penyelahgunaan kendaraan. 
“Bahkan saat ini, kondisi aktifitas lalu lintas sangat memprihatinkan khususnya bagi anak anak sekolah, yang mana anak anak ini adalah akan menjadi pemimpin masa depan bangsa,” bebernya.
 Ia juga menyampaikan, dari data yang diperolehnya, saat ini anak anak yang masih usia di bawah 17 tahun, salah satu penyumbang kecelakaan terbanyak, termasuk anak-anak sekolah tingkat SMP dan Tingkat SMA.
 “Kami dapat informasi bahwa anak sekolah tingkat SMP dan SMA khususnya di daerah Riau sudah banyak yang menggunakan kendaraan ke sekolah,” jelasnya. Sebagai wujud tanggung jawab dan kepedulian keselamatan dalam berlalu lintas, lanjutnya, maka ISDC akan terus melakukan kegiatan edukasi dan pelatihan kepada para anak-anak muda, dalam hal ini anak anak sekolah tingkat SMP dan SMA secara teori maupun praktek. 

Adapun trobosan dan program yang dilakukan oleh ISDC Riau adalah, pelatihan yang didukung oleh kurikulum berstandar Internasional dan para Instruktur SDC adalah para Profesional yang bersertifikat dalam dan luar negeri. 
Beberapa instruktur sudah disertifikasi oleh BNSP dan saat ini masih aktif di dunia olahraga otomotif. Pengalaman para instruktur dalam dunia Safety Riding & Defensive Driving ada yang lebih dari 15 tahun. Diharapkan dengan pengalaman tersebut akan memberikan wawasan yang luas bagi peserta pelatihan 
Program ISDC GOES TO CAMPUS, ISDC juga menjangkau kaum terpelajar dan intelektual untuk memberikan edukasi keselematan berkendara ke kampus dan memberikan materi yang dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab berkendara di jalan raya. 

Selain itu ada juga Program ISDC WITH Community Comunitas Otomotif adalah merupakan sekumpulan orang yang dalam kegiatan komunitasnya adalah identic dengan kendaraan. Komunitas motor dan mobil adalah merupakan garda terdepan dalam memberikan contoh berkendara yang baik kepada masyarakat luas.
 ISDC melihat hal ini adalah merupakan peluang besar untuk memberikan edukasi tentang bagaimana menanamkan kesadaran berkendara dan berkendara yang bertanggung jawab di jalan raya. ISDC juga tetap melakukan edukasi terhadap komunitas motor dan mobil.

“Dengan program unggulan yang kita hadirkan diharapkan dapat menekan angka fatalitas dan terwujudnya Kamseltibcarlantas yang berkesinambungan di wilayah Riau pada umumnya,” harap Romson. (Humas Polres Rohul)

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan WA ke 0858-3144-9896
via EMAIL: redaksiberita2020@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
 



 
Berita Lainnya :
  • Pemdes Tengganau Meriahkan dan Menyalakan Semangat Kebersamaan Mengikuti Pawai Ta'aruf MTQ Ke-XX Tingkat Kecamatan Pinggir.
  • Pemdes Sungai Meranti beserta Rombongan Siap Mendukung dan Mensukseskan MTQ Ke-XX Tingkat Kecamatan Pinggir.
  • Pemdes Buluh Apo Meriahkan Pawai Ta'aruf Tingkat Kecamatan Pinggir Peserta Pawai sekitar 550 Orang
  • Buka MTQ Ke-35 Bukit Batu, Bupati Kasmarni Berpesan Generasi Muda Harus Mampu Menjadi Pelopor dan Berjiwa Qur’ani
  • Antusias Masyarakat Ramaikan Pawai Ta'aruf Pembukaan MTQ Ke-XX Tingkat Kecamatan Pinggir.
  • Para Calon Kepala Dinas Kedepan Masuk Tahapan General Check Up Di RSUD Selasih Poly Jiwa
  • Satnarkoba Polres Kampar Tangkap Pelaku Narkoba di Kelurahan Langgini
  • Poradeskel Bermasa I Kecamatan Pinggir Resmi Dimulai, Bupati Kasmarni Pesan Jaga  Persatuan dan Tingkatkan Prestasi Olahraga
  • Bupati Bengkalis Kasmarni Resmi Buka Poradeskel Bermasa I Kecamatan Pinggir, Program Kolaborasi 8 Desa dan 2 Kelurahan Bersumber Dari Dana Bermasa Tahun 2024.
  • Kabupaten Pelalawan Sedang Berkabut Dan Bersedih Dihari HUT Adiyaksa Ke-64, Diwarnai Mahasiswa Demo Aksi Bakar Ban Di Gedung DPRD
  •  
    Komentar Anda :

     
      Pilihan Redaksi  
    Pemdes Tengganau Meriahkan dan Menyalakan Semangat Kebersamaan Mengikuti Pawai Ta'aruf MTQ Ke-XX Tingkat Kecamatan Pinggir.

    Pemdes Sungai Meranti beserta Rombongan Siap Mendukung dan Mensukseskan MTQ Ke-XX Tingkat Kecamatan Pinggir.

    Pemdes Buluh Apo Meriahkan Pawai Ta'aruf Tingkat Kecamatan Pinggir Peserta Pawai sekitar 550 Orang

     
      Terpopuler  
    1 Arist Merdeka Sirait: HL Pendeta Cabul di Surabaya terancam 20 tahun penjara dan Kebiri!
    2 Pembunuhan Mandor PT MUP Di Tangkap Polisi
    3 Bupati Kuansing Minta Perketat Penjagaan Karena Kuansing Zona Hijau Bebas Covid-19
    4 KPK Hadirkan Ketua DPRD Riau di Persidangan Amril Mukminin
    5 Drs.Sozifao Hia M.Si Sesalkan BLT Pemda dan Pemprov Belum Disalurkan Kepada Masyarakat
    6 Listrik Mati Tujuh Jam,Warga Siak Minta DPRD Berikan Teguran
    7 Ormas, Parpol Tak Gunakan Azas Pancasila, Dibubarkan Layaknya PKI
    8 Polda Banten Kawal Penerapan New Normal di Kabupaten Tangerang
    9 Sekda Daerah Kabupaten Nias Utara Di Tangkap Polisi Kasus Narkoba
    10 Pengesahan KEMENKUMHAM RI Terhadap Pengurus DPP Partai Berkarya Periode 2020-2025
     
     
       



    Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2020 beritatime.com, all rights reserved