Wajib Tahu! Begini Tanda-tanda Bipolar Dari Kebiasaan Sehari-hari
Rabu, 21/10/2020 - 13:48:40 WIB
Redaktur:


TERKAIT:
   
 

BERITATIME.COM - Tanda-tanda bipolar sebaiknya diketahui oleh banyak orang sejak dini. Sebab, jenis gangguan mental tersebut dapat menyerang siapa pun. Bahkan, tanda-tanda yang dimiliki oleh penderitanya seringkali tak disadari oleh dirinya sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Namun, sebenarnya tanda-tanda bipolar tersebut dapat terlihat cukup jelas apabila diamati dengan seksama. Secara umum, gangguan mental bipolar tersebut dapat menyebabkan penderita mengalami pasang surut emosi dengan tiba-tiba.

Hal ini jelas dapat mengganggu kegiatan sehari-hari penderita maupun orang yang di sekitarnya. Bahkan, kemungkinan terburuk seperti rusaknya hubungan sang penderita dengan beberapa orang pun dapat terjadi.

Meski telah mengetahui tanda-tanda bipolar yang seringkali dibahas oleh medis tersebut terdapat pada diri Anda, namun ada baiknya untuk segera berkonsultasi untuk mendapat jawaban serta saran yang tepat.

Agar lebih memahami mengenai penyakit tersebut, simak tanda-tanda bipolar yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Penyebab Bipolar

Sebelum mengetahui tanda-tanda bipolar, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya berdasarkan sisi medis. Pada umumnya, jenis gangguan mental yang dapat mempengaruhi suasana hati ini dapat berasal dari faktor internal maupun eksternal.

Sehingga, penderita sebenarnya tak sadar saat berada di sebuah situasi yang dapat menyebabkannya untuk menderita bipolar. Berikut penjelasan selengkapnya:
Faktor Genetik

Penyebab pertam dari bipolar tak lain adalah faktor genetik. Anda dapat menderita penyakit ini apabila salah satu anggota dari garis keluarga memiliki bipolar. Faktor genetik ini seringkali disebut sebagai penyebab utama dari adanya gangguan bipolar. Sehingga, keluarga yang memiliki penyakit ini akan berisiko menularkannya kepada anak-anaknya.
Pengaruh Lingkungan

Selain faktor genetik, lingkungan sebagai tempat bersosialisasi sang penderita pun juga dapat menjadi salah satu penyebab dari bipolar. Penelitian menunjukkan, beberapa faktor yang mempengaruhi hubungan sosial berpotensi untuk menyebabkan timbulnya gejala bipolar.
Kondisi Otak

Penyebab terakhir dari bipolar adalah kondisi otak. Sebab, otak dapat melewati berbagai perubahan fisik yang mempengaruhi kadar kimia di dalamnya. Beberapa di antaranya dapat mempengaruhi suasana hati dan pikiran sehingga memicu perkembangan penyakit bipolar yang ada di dalam diri seorang penderita.

Jenis Penyakit Bipolar

Lebih lanjut, ternyata penyakit bipolar memiliki beberapa jenis yang berbeda. Masing-masing dari jenis tersebut diklaim juga memiliki ciri-ciri yang berbeda pula. Berikut penjelasan selengkapnya:
Gangguan Bipolar 1

Jenis bipolar tipe ini kerap ditandai dengan sifat depresif yakni berupa perubahan suasana hati yang cukup drastis. Penderita dapat melakukan berbagai aktivitas secara berlebihan hingga terjadi penurunan kebutuhan tidur.

Gangguan Bipolar 2

Berbeda dengan bipolar tipe 1, bipolar tipe 2 cenderung membuat penderita memiliki energi yang rendah hingga kesehatan mental dan fisik yang cukup terganggu. Akibatnya, penderita dapat mengalami kelelahan berlebih lantaran hypersomnia atau waktu tidur yang berlebihan.
Cyclothymia

Jenis bipolar ini cenderung dialami penderita dengan rasa kegembiraan yang berlebih dalam jangka waktu cukup lama. Akibatnya, gejala depresi pun hampir tak begitu terlihat bahkan tak terlihat sama sekali. Namun, jenis ini akan berakhir pada tipe 1 atau 2.
Bipolar NOS

Jenis bipolar yang satu ini merupakan jenis yang hampir tak teridentifikasi oleh medis. Sebab, penderita dapat mengalami gejala bipolar yang seketika muncul dan hilang kembali. penderita juga dapat mengalami gejala yang hampir sama dengan bipolar namun tidak secara spesifik.

Tanda-tanda Bipolar

Berikut merupakan tanda-tanda bipolar yang wajib menjadi perhatian bersama:
Muncul Ide Tiba-Tiba

Saat suasana hati sedang tinggi dan gembira, penderita bipolar akan menjadi sangat kreatif. Banyak ide yang muncul di kepalanya terkait dengan pekerjaan ataupun kegiatan kegemaran hingga kehidupan pribadinya.
Bicara Cepat

Saat ide mengalir di dalam otaknya, penderita akan banyak bicara mencurahkan segala isi hati dan pikirannya pada saat itu. Hal ini dapat diamati pada penderita saat dirinya melakukan gejala tersebut secara tiba-tiba.
Depresi

Depresi merupakan gejala yang paling umum terjadi pada penderita bipolar. Saat masa gembira penderita telah berakhir, biasanya dirinya akan mudah sedih dan merasa depresi hingga stres kronis bahkan tidak mampu melakukan kegiatannya.

Mudah Tersinggung

Tanda-tanda bipolar lainnya adalah mudah tersinggung. Penderita seringkali merasa tersinggung pada beberapa hal yang sebenarnya tak memiliki hubungan dengan dirinya. Biasanya penderita akan mudah marah setidaknya selama empat minggu.
Impulsif

Tanda-tanda selanjutnya adalah perilaku impulsif atau sembrono. Penderita dapat melakukan berbagai hal yang tidak konsisten dengan apa yang biasanya dilakukan seperti menghabiskan uang secara berlebihan dan sebagainya.
Irasional

Tanda-tanda bipolar berikutnya adalah muncul pikiran dan tindakan irasional. Biasanya, gejala ini terjadi pada saat masa gembira sang penderita. Penderita akan merasa bahwa dirinya adalah pribadi yang paling benar.
Hypomania

Tanda-tanda ini merupakan yang sering terjadi pada penderita bipolar. Hypomania merupakan sebuah kondisi penderita yang memiliki energi luar biasa. Alhasil, dirinya akan lebih mudah untuk tertawa dan merasa gembira.

Cara Mengatasi Bipolar

Penyakit bipolar diklaim tidak dapat disembuhkan. Namun terdapat beberapa cara mengatasi perubahan suasana hati penderita secara medis. Berikut penjelasannya:
Konseling

Penderita bipolar akan jauh lebih terkontrol saat dirinya menjalani konseling secara rutin dengan psikiater. Penderita juga dapat berbagi cerita dan suasana hati kepada komunitas pendukung atau support group.
Perawatan Obat

Selain itu, penderita juga dapat melakukan perawatan obat yang dianjurkan oleh resep dokter. Hal ini diklaim dapat membantu memperbaiki suasana hati penderita bipolar.

Perawatan Rumah Sakit

Dalam kasus yang menunjukkan tanda-tanda bipolar lebih parah, penderita biasanya akan dirujuk untuk melakukan perawatan di rumah sakit. Hal ini tak lain bertujuan agar penderita mendapatkan pengawasan yang intens dan berkala dari dokter.

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan WA ke 0858-3144-9896
via EMAIL: redaksiberita2020@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
 



 
Berita Lainnya :
  • PT. BSP Pj Bupati Kampar Minta Pentingnya Sinergitas dan Terus Kembangkan Sayap.
  • Selama Kampar Expo, Stand Diskominfo Hadirkan Doorprize Voucer Gratis.
  • Usai Jabatan Berakhir, Pj Wali Kota Pekanbaru Harap Program Prioritas Tak Hilang
  • Pj Wali Kota Pekanbaru Ajak Warga Manfaatkan Program Doctor On Call dan JKPB
  • Hadiri Halal Bihalal KKKS Kecamatan Bengkalis, Bupati Kasmarni Harap Kepala Sekolah Fokus dan Optimalkan Kinerja Demi Kemajuan Pendidikan
  • Tim Satgas Banjir Diduga Tak Mampu Atasi Banjir Hingga Bupati Kesal Dan Perintahkan Kembali Agar Lebih Serius
  • Tingkatkan Silaturahmi, Bupati Kasmarni Hadiri Halal bi Halal DPC Partai Demokrat
  • Dua Ranperda Tentang Kawasan Bebas Asap Rokok dan Ranperda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan berkelanjutan Di Setujui DPRD
  • Halal Bihalal Keluarga Besar Partai Grindra Bersama Kader d anggota partai Di kalimantan Barat
  • Ramai Dikunjungi, Stand Bazar Rohil Sajikan Berbagai Produk UMKM
  •  
    Komentar Anda :

     
      Pilihan Redaksi  
    Hadiri Rapat Pemegang Saham
    PT. BSP Pj Bupati Kampar Minta Pentingnya Sinergitas dan Terus Kembangkan Sayap.

    Selama Kampar Expo, Stand Diskominfo Hadirkan Doorprize Voucer Gratis.

    Usai Jabatan Berakhir, Pj Wali Kota Pekanbaru Harap Program Prioritas Tak Hilang

     
      Terpopuler  
    1 Arist Merdeka Sirait: HL Pendeta Cabul di Surabaya terancam 20 tahun penjara dan Kebiri!
    2 Pembunuhan Mandor PT MUP Di Tangkap Polisi
    3 Bupati Kuansing Minta Perketat Penjagaan Karena Kuansing Zona Hijau Bebas Covid-19
    4 KPK Hadirkan Ketua DPRD Riau di Persidangan Amril Mukminin
    5 Drs.Sozifao Hia M.Si Sesalkan BLT Pemda dan Pemprov Belum Disalurkan Kepada Masyarakat
    6 Listrik Mati Tujuh Jam,Warga Siak Minta DPRD Berikan Teguran
    7 Ormas, Parpol Tak Gunakan Azas Pancasila, Dibubarkan Layaknya PKI
    8 Polda Banten Kawal Penerapan New Normal di Kabupaten Tangerang
    9 Sekda Daerah Kabupaten Nias Utara Di Tangkap Polisi Kasus Narkoba
    10 Polsek Siak Hulu Ungkap Ciri-ciri Mayat Yang Ditemukan di Dusun I Pandau Makmur Desa Pandau Jaya
     
     
       



    Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2020 beritatime.com, all rights reserved