Panas Kudeta Merambat ke Urusan Pendirian Demokrat
Rabu, 03/03/2021 - 08:42:12 WIB
Redaktur:
demokrat

TERKAIT:
   
 

BERITATIME.COM | Jakarta - Usaha kudeta rumah tangga Partai Demokrat terus bergulir. Urusan pendirian partai diributkan oleh klik pro-kudeta versus politikus yang masih loyal dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Perihal siapa pendiri Partai Demokrat ini memang tengah jadi polemik. Pihak-pihak yang menginginkan kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) untuk mengganti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari pucuk pimpinan partai menilai SBY bukanlah pendiri.

Vokalis kudeta Partai Demokrat, Jhoni Allen Marbun, sebelumnya bicara bahwa SBY tidak ikut berdarah-darah memperjuangkan PD lolos Pemilu 2004. Kini, Demokrat dapat cap sebagai partai dinasti keluarga SBY. Patai ini diketuai oleh putra kandung SBY, yakni AHY.

Kata Jhoni, PD diaktanotariskan oleh 99 pendiri di Jakarta. Jhoni sendiri menegaskan bahwa dirinya adalah pelaku sejarah PD bersama para senior. Soal SBY, dia menyatakan Presiden ke-6 RI bukan pendiri PD.

"Pak SBY setelah mundur dari kabinet Ibu Megawati baru muncul pada acara Partai Demokrat di Hotel Kinasih di Bogor di mana saat itu saya ketua panitianya. Ini menegaskan bahwa SBY bukan pendiri Partai Demokrat," ujar Jhoni Allen Marbun dalam video 9 menit 25 detik.

Politikus gaek yang dulu juga dikenal lewat PD, Max Sopacua, juga membantah bahwa SBY merupakan tokoh pendiri PD. Dia tidak setuju dengan pernyataan bahwa SBY adalah sosok yang membuat nama, bendera, mars, dan manifesto politik, bahkan hingga seragam Partai Demokrat. Max Sopacua membantah.

"Dengan adanya statement-statment bahwa SBY-lah yang membuat segala-galanya, kalau nggak ada SBY nggak ada Partai Demokrat, saya pikir itu sesuatu yang konyol. SBY itu datang masuk ke Demokrat baru pada tahun 2003 ketika rapat koordinasi di Hotel Mira Bogor, saya Organizing Committee-nya," kata Max.

Dari pihak politkus yang masih loyal dengan SBY, yakni Deputi Balitbang DPP PD Syahrian Nasution, muncul penegasan bahwa SBY merupakan inisiator PD. Sekitar 17 tahun silam, SBY digadang-gadang menjadi tokoh potensial jelang Pilpres 2004.

"Yang benar-benar diinisiasi Pak SBY adalah Partai Demokrat untuk kendaraan Pemilu 2004. Dibentuknya Partai Demokrat tidak mungkin lepas dari sosok Ventje Rumangkang (alm) dan SBY. Ada juga nama Suko Sudarso dan Heru Lelono. Lantas, ada nama Hartati Murdaya dan Bambang W Soeharto. Itu yang saya tahu dari rapat-rapat di kantor Pondok Indah, Jl. Ophir 1 dan Jl. Cikini Raya," ucap Syahrial Nasution dalam cuitan di Twitter, Selasa (2/3) kemarin.

Saat itu, SBY tercitra sebagai pihak yang terzalimi, keluar dari kabinet Presiden Megawati Soekarnoputri, namun akhirnya sukses menang Pilpres dan menjadi Presiden RI.

Elite PD Aam Sapulete juga membantah klaim Jhoni Allen Marbun bahwa SBY tidak berdarah-darah mendirikan partai. Aam menyebut Jhoni sebagai orang yang tidak paham momen pendirian PD.

"Fakta tersebut yang tidak diketahui oleh Jhonni Allen, yang ternyata hanya sosok pemain pinggiran dalam proses pendirian Partai Demokrat. Hanya Tim Pelaksana dan Tim 9 yang mengetahuinya. Wajar Jhonni Allen tong kosong nyaring bunyinya. Menuduh SBY tidak berkeringat karena memang level dirinya hanya sebatas tim pinggiran yang tidak terlibat dalam rapat-rapat penting," tutur Aam.

Kata Aam, pendirian Partai Demokrat diawali dari rapat yang dipimpin SBY di apartemen Hilton pada 2001. Nama-nama politikus Ventje Rumangkang, A Yani Wahid, Achmad Kurnia, Adhyaksa Dault, Baharuddin Tonti, dan Shirato Syafei membentuk kelompok perintis. Ventje menyatakan rencana pendirian partai dan hasilnya dilaporkan kepada SBY.

Selanjutnya 20 Agustus 2001, Sutan Bhatoegana ikut membantu Ventje mengumpulkan orang-orang perintis PD, namanya adalah Tim 9 meski isinya 10 orang. Berikut adalah nama-nama dalam Tim 9: Ventje Rumangkang, Ahmad Mubarok, A Yani Wachid, Subur Budhisantoso, Irzan Tanjung, RMH Heroe Syswanto Ns, Saragih, Dardji Darmodihardjo, Rizaldi Max Rompas, T Rusli Ramli.

Butuh 50 orang untuk mendirikan partai. Maka mereka melengkapi diri menjadi 99 orang. Berdirilah Partai Demokrat

"Partai Demokrat kemudian disahkan di Gedung Graha Pratama Lantai XI, Jakarta Selatan, di hadapan Notaris Aswendi Kamuli, SH," kisah Aam.

Sumber:detik.com

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan WA ke 0858-3144-9896
via EMAIL: redaksiberita2020@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
 



 
Berita Lainnya :
  • Sesuai Mekanisme yang Berlaku, Rekomendasi DPRD diterima oleh Pemkab Bengkalis
  • Guna Mengoptimalisasi Potensi Daerah, Pemkab Sampaikan Dua Ranperda kepada DPRD
  • Badan Anggaran Berikan Rekomendasi terkait LKPJ Bupati Bengkalis TA 2023
  • Usai Dipugar, Bupati Kasmarni Resmikan Kelenteng Tri Dharma Hun Bin Kuan Siak Kecil
  • Semifinal Timnas Indonesia U-23 Piala Asia Kapolres Adakan Nonton Bareng
  • Penghargaan Tax Award 2024 dari Pemkab Pelalawan Diterima PT. Musim Mas, Malinton Purba. SH.
  • Rapat Paripurna Jawaban Kepala Daerah Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Akhir TA 2023.
  • Cegah Aksi Curanmor Saat Ibadah Gereja, Piket SPKT Polsek Bonai Darussalam Giat Patroli Dalam Program Minggu Kasih
  • Plh Sekda Kampar Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Laporan LKPJ Bupati Kampar Tahun 2023
  • Pj Bupati Kampar Hadiri Penganugerahan Tuan Akmal Abas atas Gelar Datuok Seri Lela Setia Junjungan
  •  
    Komentar Anda :

     
      Pilihan Redaksi  
    Sesuai Mekanisme yang Berlaku, Rekomendasi DPRD diterima oleh Pemkab Bengkalis

    Guna Mengoptimalisasi Potensi Daerah, Pemkab Sampaikan Dua Ranperda kepada DPRD

    Badan Anggaran Berikan Rekomendasi terkait LKPJ Bupati Bengkalis TA 2023

     
      Terpopuler  
    1 Arist Merdeka Sirait: HL Pendeta Cabul di Surabaya terancam 20 tahun penjara dan Kebiri!
    2 Pembunuhan Mandor PT MUP Di Tangkap Polisi
    3 Bupati Kuansing Minta Perketat Penjagaan Karena Kuansing Zona Hijau Bebas Covid-19
    4 KPK Hadirkan Ketua DPRD Riau di Persidangan Amril Mukminin
    5 Drs.Sozifao Hia M.Si Sesalkan BLT Pemda dan Pemprov Belum Disalurkan Kepada Masyarakat
    6 Listrik Mati Tujuh Jam,Warga Siak Minta DPRD Berikan Teguran
    7 Ormas, Parpol Tak Gunakan Azas Pancasila, Dibubarkan Layaknya PKI
    8 Polda Banten Kawal Penerapan New Normal di Kabupaten Tangerang
    9 Sekda Daerah Kabupaten Nias Utara Di Tangkap Polisi Kasus Narkoba
    10 Polsek Siak Hulu Ungkap Ciri-ciri Mayat Yang Ditemukan di Dusun I Pandau Makmur Desa Pandau Jaya
     
     
       



    Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2020 beritatime.com, all rights reserved