KESEHATAN
Begini Cara Mengecilkan Pinggul dengan Olahraga dan Asupan Makanan
Sabtu, 25/07/2020 - 10:00:41 WIB
Redaktur:


TERKAIT:
   
 

BERITATIME.COM - Cara mengecilkan pinggul bisa dilakukan dengan rutin melakukan olahraga tertentu, serta memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Memiliki paha dan pinggul yang langsing tentu menjadi impian banyak orang khususnya wanita. Sebagian orang mengatakan jika pinggul yang ramping menjadi salah satu faktor tubuh terlihat ideal.

Pawa wanita umumnya merasa terganggu ketika mengetahui ukuran pinggulnya terlalu besar. Maka dari itu, banyak orang rela melakukan berbagai cara demi mengecilkan bagian paha dan pinggul agar terlihat lebih proporsional.

Kondisi pinggul yang lebih besar biasanya disebabkan karena adanya penumpukan lemak di bagian tersebut. Memang bagian paha merupakan tempat penampung lemak terbaik. Apabila jumlah energi yang masuk ke tubuh lebih besar dari yang kita keluarkan melalui segala aktivitas, maka keseimbangan tidak akan tercapai.

Hal inilah yang membuat lemak menjadi menumpuk dan membuat paha dan bagian pinggul akan membesar. Lantas, bagaimanakah cara mengecilkan pinggul dengan efektif? Berikut ulasannya dilansir dari laman Alodokter dan berbagai sumber:

Cara Mengecilkan Pinggul dengan Olahraga

1. Squat

Dengan rutin melakukan olahraga ringan berupa squat, maka akan membantu mengecilkan pinggul yang besar. Hal ini dikarenakan squat merupakan jenis olahraga ringan yang bermanfaat untuk melatih tubuh bagian bawah, sehingga efektif untuk membakar lemak di bagian paha dan pinggul.

Adapun caranya adalah dengan mengambil posisi tegak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Lalu rentangkan kedua tangan ke depan, boleh saling berkaitan di depan dada atau lurus lepas ke depan. Jangan lupa, kencangkan otot perut dan tarik napas dalam.

Setelah itu, tekuk kedua tungkai dan dorong bokong ke belakang seperti akan duduk, hingga paha dan bokong setinggi lutut. Jaga punggung dan bahu tetap tegak serta seluruh telapak kaki menjejak lantai. Tahan sebentar posisi ini, lalu kembali berdiri tegak dan ulangi gerakan tersebut hingga 10 sampai 15 kali dalam 1 sesi.

Cobalah untuk rutin melakukan gerakan ini setiap hari. Jika sudah terbiasa, Anda bisa mencoba variasi lain seperti squat jump, wall sits, atau squat dengan menambahkan beban.

2. Lunges

Sama seperti squat, lunges juga ampuh membantu mengecilkan pinggul. Tujuan dari lunges biasanya untuk mengencangkan otot bagian bokong, pinggul, dan paha. Gerakan ini dimulai dengan berdiri tegak dengan kaki terbuka sedikit lebih lebar daripada pundak, dan kencangkan perut.

Tekuk tungkai kanan sambil mengarahkan tubuh ke depan, ke arah yang sama dengan tungkai yang ditekuk. Tekuk sampai paha dan bokong sejajar dengan lantai (seperti squat).
Tahan posisi ini selama beberapa saat dan kembalilah berdiri tegak dengan bertumpu pada kaki kanan. Lalu, lakukan gerakan yang sama pada tungkai kiri.

Ulangi side lunges kanan dan kiri secara bergantian sebanyak 12-16 kali dalam satu sesi.

3. Naik Turun Tangga dan Berjalan di Pasir

Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berlari sambil naik turun tangga juga bisa membakar lemak di bagian paha dan pinggul dengan lebih optimal. Hal ini dikarenakan setiap langkah yang diambil mengharuskan kita mengangkat bagian tubuh ke atas sehingga memaksa ott bekerjaa lebih keras.

Selain itu, untuk orang yang tinggal di dekat pantai juga bisa mencoba untuk berjalan di sepanjang pesisir pantai sebagai lantihan untuk memperkuat paha. Berjalan di pasir akan membutuhkan tensi ekstra yang bisa membantu mengencangkan otot paha.


4. Mengangkat Tungkai (Leg Raise)

Gerakan mengangkat tungkai atau leg raise disebut lebih bermanfaat untuk membentuk pinggul. Caranya adalah:

    Berbaring menyamping ke kanan (tubuh bagian kanan di bawah). Tungkai dalam keadaan lurus.
    Angkat perlahan tungkai kiri setinggi yang kamu mampu. Jaga agar perut dan pinggul tetap stabil dan kedua tungkai tetap lurus.
    Tahan posisi ini selama 2-5 detik, kemudian turunkan tungkai kiri perlahan ke posisi semula.
    Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali pada setiap sisi tubuh.

5. Latihan HIIT (high-intensity interval training)

HIIT bisa merupakan olahraga yang dilakukan jika ingin membakar kalori dalam waktu singkat. HIIT merupakan olahraga gerakan kardio cepat (intens). Dalam olahraga HIIT biasanya akan mengkombinasikan gerakan bertempo cepat dengan gerakan bertempo lambat secara bergantian.

6. Melakukan Yoga

Rutin melakukan olahraga yoga juga bisa membantu membentuk bagian tubuh seperti pinggul dan paha. Meski gerakannya terlihat pela, namun yoga sangat efektif dalam membakar lemak. Contoh gerakan yang bisa dicoba untuk membantu merampingkan paha dan pinggul adalah adho mukha svanasana serta suryanamaskar.

Anda juga bisa mencoba rutin melakukan fire hydrant dengan cara mengambil posisi merangkak, pastikan lutut dan tangan terbuka selebar bahu. Sambil menjaga posisi pinggul, luruskan satu kaku ke belakang lalu tahan selama beberapa detik lalu kembali ke posisis semula dan ulangi sebanyak 15 kali.

Cara Mengecilkan Pinggul dengan Kontrol Asupan Makanan

1. Mengatur Pola Makan

Selain olahraga, yang harus dilakukan untuk membantu mengecilkan paha dan pinggul adalah dengan mengatur pola makan. Perhatikan asupan yang masuk ke tubuh, hindari porsi berlebih, serta mengombinasikannya dengan olahraga dan pola hidup sehat yang lain.

2. Kurangi Konsumsi Garam dan Makanan Manis

Pada dasarnya makanan yang banyak mengandung garam akan membuat paha dan pinggul mengembang karena garam bisa membuat badan menjaga air berlebih. Untuk itu, batasi konsumsi makanan yang mengandung sodium dalam jumlah tinggi.

Selain batasi konsumsi garam, kita juga perlu menghindari makanan manis dan memilih makanan bebas gula, bebas karbohidrat, dan lemak jenuh untuk mengecilkan pinggul. Mengkonsumsi makanan yang manis dalam jumlah yang berlebihan akan membuat tubuh Anda semakin mengembang, tidak terkecuali dengan pinggul.

4. Konsumsi Buah dan Sayur

Untuk membantu mengecilkan pinggul, kita harus mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ada baiknya jika kita memberikan serat ke dalam tubuh. Jangan lupa untuk konsumsi buah dan sayur juga. American Council, merekomendasikan beberapa buah untuk membantu menurunkan berat badan karena mengandung gula sesuai proporsi yang dibutuhkan tubuh seperti, anggur, berries, dan jeruk.

Selain itu, perbanyak juga konsumsi sayur mayur seoerti kacang hijau, bayam, tomat, dan sayuran lain dengan serat tinggi.***

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan WA ke 0858-3144-9896
via EMAIL: redaksiberita2020@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
 



 
Berita Lainnya :
  • Safari Ramadhan di Sungai Alam, Bupati Kasmarni Ingatkan Jangan Bakar Lahan
  • Kapolsek Pangkalan Kerinci AKP Romi Irwansyah SH, MH Bagi Takjil Dan Buka Puasa Bersama
  • Bupati Kasmarni Khatam Bersama Para Santri Penghafal Qur'an
  • PT. Musim Mas Terima Penghargaan Atas Pembangunan Kabupaten Pelalawan Melalui Program CSR
  • Persiapan Malam Takbir dan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024 M di Kabupaten Siak
  • Plt. Kepala Dinas PUPR, Irham Nisbar. ST, Lakukan Buka Puasa Bersama Staff Dan Anggota Dalam Menjalin Silaturahmi
  • Musrenbang RPJPD dan RKPD Kabupaten Pelalawan secara resmi di buka oleh Wakil Bupati Pelalawan H. Nasaruddin SH. MH
  • APABILA ORANG INI DI TEMUKAN HARAP DI INFORMASIKAN
  • Pemilu 2024 Usai, Ketua Badan Kehormatan Nefliza DPRD Kampar Minta Anggota Kembali Fokus Kerja
  • Daftar Anggota DPRD Kampar Terpilih Periode 2024-2029
  •  
    Komentar Anda :

     
      Pilihan Redaksi  
    Safari Ramadhan di Sungai Alam, Bupati Kasmarni Ingatkan Jangan Bakar Lahan

    Kapolsek Pangkalan Kerinci AKP Romi Irwansyah SH, MH Bagi Takjil Dan Buka Puasa Bersama

    Bupati Kasmarni Khatam Bersama Para Santri Penghafal Qur'an

     
      Terpopuler  
    1 Arist Merdeka Sirait: HL Pendeta Cabul di Surabaya terancam 20 tahun penjara dan Kebiri!
    2 Pembunuhan Mandor PT MUP Di Tangkap Polisi
    3 Bupati Kuansing Minta Perketat Penjagaan Karena Kuansing Zona Hijau Bebas Covid-19
    4 KPK Hadirkan Ketua DPRD Riau di Persidangan Amril Mukminin
    5 Drs.Sozifao Hia M.Si Sesalkan BLT Pemda dan Pemprov Belum Disalurkan Kepada Masyarakat
    6 Listrik Mati Tujuh Jam,Warga Siak Minta DPRD Berikan Teguran
    7 Ormas, Parpol Tak Gunakan Azas Pancasila, Dibubarkan Layaknya PKI
    8 Polda Banten Kawal Penerapan New Normal di Kabupaten Tangerang
    9 Sekda Daerah Kabupaten Nias Utara Di Tangkap Polisi Kasus Narkoba
    10 Polsek Siak Hulu Ungkap Ciri-ciri Mayat Yang Ditemukan di Dusun I Pandau Makmur Desa Pandau Jaya
     
     
       



    Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2020 beritatime.com, all rights reserved