TP PKK Sergai Gelar Pelatihan Pengurus Poksus Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Desa Se_Sergai
Rabu, 22/09/2021 - 13:04:09 WIB
Redaktur: MOI
Dok

TERKAIT:
   
 

Serdang Bedagai - Beritatime.com - Sebagai upaya melatih kader-kader Kelompok Khusus (Poksus) dalam penatalembagaan dan pengadministrasian keuangan, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar kegiatan Pelatihan Pengurus Kelompok Khusus Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (Poksus UP2K) Desa se-Sergai di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Sumatera Utara, Selasa (15/12/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny Uke Retno Faisal Hasrimy, Kadis Perindag H Karno, SH, MAP, Pengurus TP PKK Kecamatan dan Desa se-Sergai serta Narasumber dari unsur pelaku UMKM Sergai.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman mengucapkan rasa kesyukuran kepada Allah SWT bahwa di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih dapat melaksanakan kegiatan hari ini dengan penerapan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku.

Hj Marliah menyebut, UP2K merupakan salah satu upaya meningkatkan kemampuan dalam memenuhi kesejahteraan keluarga dan merupakan kondisi kebutuhan yang sangat riil dan nyata. Dalam pemenuhan kebutuhan dasar kehidupan manusia, baik secara materil, sosial, mental dan spiritual sehingga hidup layak sebagai manusia yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita, "Ucapnya.

Usaha peningkatan UP2K PKK ditingkat rumah tangga merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkan usaha perekonomian keluarga, dibawah kendali TP PKK desa terutama dalam pelaksanaannya adalah Kelompok Kerja II. Tugas utama Pokja II adalah pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi, dimana dalam mewujudkan kehidupan berkoperasi adalah kegotong royongan meningkatkan taraf kehidupan berkeluarga.

“ Kita memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat digali guna peningkatan keterampilan masyarakat yang didukung oleh sektor pertanian dan perkebunan melalui olahan pangan dan kreativitas produk yang menambah pendapatan keluarga yang dapat dikelola untuk menunjang perekonomian di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang kita cintai ini,” kata Hj. Marliah.

Dengan pelatihan ini, Ketua TP PKK Sergai berharap Poksus UP2K harus mampu dalam membantu modal usaha bagi usaha ekonomi lemah guna menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Selain itu mampu membantu mengembangkan usaha bagi yang membutuhkan penambahan modal serta membantu mengembangkan usaha dan menumbuh kembangkan usaha dengan bekerjasama atau bermitra dengan BUMDes.

“ Terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh peserta pelatihan dan narasumber yang akan menularkan ilmu serta pengalaman dalam pengembangan usaha peningkatan pendapatan keluarga di desa dan kelurahan masing-masing. Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya kepada kader pengurus UP2K sehingga pelatihan ini akan menambah wawasan untuk lebih maju dan berkembang serta semangat dalam mengelola Poksus UP2K dengan baik. Kepada kita semua diimbau untuk selalu menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” Tutup Ketua TP PKK Sergai, Hj Marliah.

Sebelumnya Ketua Panitia oleh Ny Uke Retno Faisal Hasrimy, kegiatan pelatihan Poksus UP2K bagi Desa se-Sergai ini bertujuan selain melatih para kader-kadernya dalam penatalembagaan dan pengadministrasian keuangan Kelompok UP2K dan tata perizinan serta desain kemasan, juga untuk memberikan motivasi dalam pengembangan kemitrausahaan pada pemberdayaan UP2K melalui keterampilan bahan olahan pangan dan aksesoris. Disamping itu juga agar terbangunnya kemitraan dalam permodalan dalam menunjang usaha Kelompok Khusus UP2K.

Kemudian terkait materi pelatihan yang diberikan mencakup tata perizinan pangan, pengolahan pangan tepung mokaf, memanfaatkan waktu luang dengan kerajinan aksesoris, desain kemasan, marketing, serta pembuatan produk. Kegiatan ini juga digelar dan diikuti secara daring melalui zoom meeting di Kantor BKD dan Dinas PMD Sergai.

Kegiatan diisi dengan penyerahan hadiah Lomba UP2K PKK tingkat Kabupaten Sergai tahun 2020 serta penyampaian materi oleh narasumber pelaku UMKM Sergai antara lain Rita Maizar, S.Pd.I, Irawati Dayana, Yudi Guntara, S.Pt, Erwinsyah, S.Pd.I, serta Yuki Anggita Rezky. (Mendrova)

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan WA ke 0858-3144-9896
via EMAIL: redaksiberita2020@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
 



 
Berita Lainnya :
  • Plt. Kepala Dinas PUPR, Irham Nisbar. ST, Lakukan Buka Puasa Bersama Staff Dan Anggota Dalam Menjalin Silaturahmi
  • Musrenbang RPJPD dan RKPD Kabupaten Pelalawan secara resmi di buka oleh Wakil Bupati Pelalawan H. Nasaruddin SH. MH
  • APABILA ORANG INI DI TEMUKAN HARAP DI INFORMASIKAN
  • Pemilu 2024 Usai, Ketua Badan Kehormatan Nefliza DPRD Kampar Minta Anggota Kembali Fokus Kerja
  • Daftar Anggota DPRD Kampar Terpilih Periode 2024-2029
  • Tim Terpadu Satgas Banjir Kab.Pelalawan Turun Gunung Lihat Jalan Bekas Banjir
  • PMKS PT. MASS Balai Raja Salurkan Bantuan melalui Program CSR Bagikan 558 Paket Sembako dan Santunan Anak Yatim 66 Orang Kepada Masyarakat
  • Buka Puasa Bersama Awak Media Kabid Humas Polda Kalbar Ucapkan Terimakasih Atas Peranan Media Dalam menyukseskan Pemilu 2024 Di kalimantan Barat
  • Bupati Bengkalis Resmikan Kelas Jauh SMPN 7 dan SDN 20 Talang Muandau
  • Ramadhan ke-15, Bupati Kasmarni Safari Ramadhan di Talang Muandau
  •  
    Komentar Anda :

     
      Pilihan Redaksi  
    Plt. Kepala Dinas PUPR, Irham Nisbar. ST, Lakukan Buka Puasa Bersama Staff Dan Anggota Dalam Menjalin Silaturahmi

    Musrenbang RPJPD dan RKPD Kabupaten Pelalawan secara resmi di buka oleh Wakil Bupati Pelalawan H. Nasaruddin SH. MH

    APABILA ORANG INI DI TEMUKAN HARAP DI INFORMASIKAN

     
      Terpopuler  
    1 Arist Merdeka Sirait: HL Pendeta Cabul di Surabaya terancam 20 tahun penjara dan Kebiri!
    2 Pembunuhan Mandor PT MUP Di Tangkap Polisi
    3 Bupati Kuansing Minta Perketat Penjagaan Karena Kuansing Zona Hijau Bebas Covid-19
    4 KPK Hadirkan Ketua DPRD Riau di Persidangan Amril Mukminin
    5 Drs.Sozifao Hia M.Si Sesalkan BLT Pemda dan Pemprov Belum Disalurkan Kepada Masyarakat
    6 Listrik Mati Tujuh Jam,Warga Siak Minta DPRD Berikan Teguran
    7 Ormas, Parpol Tak Gunakan Azas Pancasila, Dibubarkan Layaknya PKI
    8 Polda Banten Kawal Penerapan New Normal di Kabupaten Tangerang
    9 Sekda Daerah Kabupaten Nias Utara Di Tangkap Polisi Kasus Narkoba
    10 Polsek Siak Hulu Ungkap Ciri-ciri Mayat Yang Ditemukan di Dusun I Pandau Makmur Desa Pandau Jaya
     
     
       



    Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2020 beritatime.com, all rights reserved