Gubernur Kalbar Berpesan Diperlukan Sinergi Stakeholder Terkait
FKW Kalbar Sukses Gelar Seminar Berantas MafiaTanah
Jumat, 01/04/2022 - 22:16:04 WIB
Redaktur: MD
DOK

TERKAIT:
   
 

KALBAR.BERITATIME.COM. Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji diwakili Kepala Dinas Komunikasi ini dan Informasi, Samuel membuka Acara Seminar Sehari Bersama Forum Komunikasi Wartawan (FKW) Kalbar pada Kamis,(31/3/2022) berlangsung di Hotel Merpati, Jalan Imam Bonjol, Pontianak.


Seminar FKW ini digelar dengan tema "memperkuat sistem pemberaantasan Mafia Tanah"
Kegiatan ini dihadiri para insan Pers peserta anggota yang tergabung FKW Kalbar

Hadir saat itu Nara sumber seminar yang berkompeten, Polda Kalbar yang diwakili Kasubdit II harta benda, bangunan dan tanah, AKBP Albert Manurung, Kejati Kalbar yang diwakili Kasi sosial budaya dan kemasyarakatan, Juliantoro,SH ,Kepala perwakilan Kalbar Ombudsman RI yang diwakili, Asisten Ombudsman Aqil Ori, Kakanwil ATR/BPN Kalbar yang diwakili Plt.Kepala kantor BPN Pontianak,Amir Matakko serta tamu undangan lainnya.

Kadis Kominfo Kalbar, Samuel saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan untuk memberantas mafia tanah tidak bisa dilakukan oleh diri sendiri. Untuk itu diperlukan sinergisitas dengan berbagai Stakeholder terkait.

“Selain itu, diperlukan sinergi antara Stakeholder terkait dalam memberantas mafia tanah,” katanya.

Ia berharap semoga dalam kegiatan seminar dapat memberikan solusi dan pencegahan bagaimana dalam mengatasi pemberantas mafia tanah di Indonesia khususnya yang ada dikalbar
 
“Untuk itu, saya, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan, apresiasi kepada Dewan Pengurus Pusat. (DPP) FKW wilayah Kalbar yang secara konsisten telah menyelenggarakan seminar ini, memberikan dukungan, juga memberikan masukan dan solusi yang membangun kepada pemerintah dalam pemberantasan mafia tanah khususnya dikalbar,” paparnya.

Sementara itu, Kakanwil ATR/BPN Kalbar yang diwakili oleh Plt.Kepala BPN Pontianak,Amir Matakko,berharap kehadiran FKW Kalbar dapat terus memberikan solusi dalam arti sebagai penyambung lidah kepada masyarakat dalam bentuk mengurangi potensi-potensi sengketa

” Harapan kita kepada rekan-rekan FKW atau teman media, tolong bantu kami, mari kita bersama-sama memaksimalkan   ini. Agar dapat mengurangi potensi sengketa tanah yang dialami masyarakat kedepan lebih baik, kemudian menghimbau kepada masyarakat untuk dapat mengurus tanahnya sendiri," pinta nya.
 
Sementara itu kepala perwakilan ombudsman RI Kalbar yang diwakili asisten,Aqil Ori, mendukung kegiatan seminar bahwa materi yang disampaikan tentang kaitannya dengan mafia tanah banyak dalam hal mall administrasi atau buruknya pelayanan khususnya yang sering terjadi dinstansi pemerintah.Bahkan banyak terjadi di seluruh Indonesia khususnya di Kalbar.

"Kami sangat terbuka kepada masyarakat, apabila ada hal yang tentang pelayanan publik yang buruk administrasi di instansi pemerintah,tolong sampaikan atau segera laporkan ke kami, jangan takut untuk melapor, nanti akan kami tindak lanjuti masalah pelayanan pengurusan administrasinya"kata aqil

Ditempat yang sama Kejati Kalbar,kasi sosial, budaya dan kemasyarakatan,Juliantoro mengapresiasi adanya FKW. Sebab kata Juliantoro sebetulnya mafia tanah mencoba merekayasa perkara mendapatkan legalitas seolah olah terjadi sengketa.Namun, ia mengaku Mafia tanah di Kalbar melakukan cara-cara modern dalam menyelesaikan tanah sengketa yang bukan haknya untuk mendapatkan putusan yang legal.

“ini cara-cara modern mafia tanah untuk mendapatkan putusan praperadilan yang legal yang mengatakan ada sengketa padahal tidak ada sengketa”ungkap Juliantoro

Senada diungkapkan Kasubdit II Polda Kalbar membidangi Harta benda, bangunan,dan tanah,AKBP Albert Manurung turut mengapresiasi acara seminar yang dilaksanakan oleh FKW Kalbar.

"Dikalbar tempat yang banyak komplain tumpang tindih adalah kabupaten Kubu Raya,"ungkap Albert Manurung

Menurut Albert pihaknya telah mengungkap perkara 2 kasus mafia tanah yang cukup lama ditangani bahwa modus mafia tanah telah menerbitkan SHM dengan memalsukan Warkah yakni berupa surat pernyataan tanah (SPT) dan surat keterangan domisili yang ditandatangani oleh pejabat setempat.

"Ini tidaklah mudah untuk menyelidiki kasus mafia tanah, masalahnya pemekaran dulu Kubu Raya adalah kabupaten Pontianak, Bahkan ini kesempatan mafia tanah untuk coba leluasa beraksi  melakukan modus kejahatan” ungkapnya

ketua umum Forum Komunikasi Wartawan(FKW) Kalbar Edi Ashari,SH mengapreasi kepada pihak-pihak terkait termasuk  dalam pelaksanaan tugasnya dan fungsinya dalam membangun sistem pemberantasan mafia tanah dikalbar.

Selain itu,Edi berharap hasil seminar FKW Kalbar ini dalam permasalahan tanah yang dialami masyarakat bisa diselesaikan serta kedepan lebih diperhatikan dalam menangkal penyimpangan mafia tanah yang semakin marak tumbuh kembang dikalbar.

“jagalah merasa punya kepemilikan tanah agar dapat melaporkan, tidak takut melawan mafia tanah, hadapi semua dan rintangan,dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai hati nurani, tanpa harus mengabaikan etika -etika atau ketentuan dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah "pungkas edi

Selain itu,sela-sela rangkaian acara seminar ini juga dilaksanakan juga diskusi sesi tanya jawab kepada peserta seminar ( Lisa )

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan WA ke 0858-3144-9896
via EMAIL: redaksiberita2020@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
 



 
Berita Lainnya :
  • Kapolsek Pangkalan Kerinci AKP Romi Irwansyah SH, MH Bagi Takjil Dan Buka Puasa Bersama
  • Bupati Kasmarni Khatam Bersama Para Santri Penghafal Qur'an
  • PT. Musim Mas Terima Penghargaan Atas Pembangunan Kabupaten Pelalawan Melalui Program CSR
  • Persiapan Malam Takbir dan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024 M di Kabupaten Siak
  • Plt. Kepala Dinas PUPR, Irham Nisbar. ST, Lakukan Buka Puasa Bersama Staff Dan Anggota Dalam Menjalin Silaturahmi
  • Musrenbang RPJPD dan RKPD Kabupaten Pelalawan secara resmi di buka oleh Wakil Bupati Pelalawan H. Nasaruddin SH. MH
  • APABILA ORANG INI DI TEMUKAN HARAP DI INFORMASIKAN
  • Pemilu 2024 Usai, Ketua Badan Kehormatan Nefliza DPRD Kampar Minta Anggota Kembali Fokus Kerja
  • Daftar Anggota DPRD Kampar Terpilih Periode 2024-2029
  • Tim Terpadu Satgas Banjir Kab.Pelalawan Turun Gunung Lihat Jalan Bekas Banjir
  •  
    Komentar Anda :

     
      Pilihan Redaksi  
    Kapolsek Pangkalan Kerinci AKP Romi Irwansyah SH, MH Bagi Takjil Dan Buka Puasa Bersama

    Bupati Kasmarni Khatam Bersama Para Santri Penghafal Qur'an

    PT. Musim Mas Terima Penghargaan Atas Pembangunan Kabupaten Pelalawan Melalui Program CSR

     
      Terpopuler  
    1 Arist Merdeka Sirait: HL Pendeta Cabul di Surabaya terancam 20 tahun penjara dan Kebiri!
    2 Pembunuhan Mandor PT MUP Di Tangkap Polisi
    3 Bupati Kuansing Minta Perketat Penjagaan Karena Kuansing Zona Hijau Bebas Covid-19
    4 KPK Hadirkan Ketua DPRD Riau di Persidangan Amril Mukminin
    5 Drs.Sozifao Hia M.Si Sesalkan BLT Pemda dan Pemprov Belum Disalurkan Kepada Masyarakat
    6 Listrik Mati Tujuh Jam,Warga Siak Minta DPRD Berikan Teguran
    7 Ormas, Parpol Tak Gunakan Azas Pancasila, Dibubarkan Layaknya PKI
    8 Polda Banten Kawal Penerapan New Normal di Kabupaten Tangerang
    9 Sekda Daerah Kabupaten Nias Utara Di Tangkap Polisi Kasus Narkoba
    10 Polsek Siak Hulu Ungkap Ciri-ciri Mayat Yang Ditemukan di Dusun I Pandau Makmur Desa Pandau Jaya
     
     
       



    Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2020 beritatime.com, all rights reserved